10 Cara Menambah Nafsu Makan (No. 8 Paling Mudah Dilakukan)

shares |

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

cara-menambah-nafsu-makan-doktersehat

DokterSehat.Com – Banyak orang menganggap bahwa menurunnya nafsu makan adalah sesuatu yang dianggap sepele. Nyatanya, jika hal ini dibiarkan dan tidak mendapatkan penanganan, nafsu makan yang menurun bisa menganggu kondisi kesehatan tubuh. Agar gangguan kesehatan tidak terjadi, Anda harus berusaha meningkatkan asupan makanan. Lantas, bagaimana cara menambah nafsu makan?

Mengenali Berbagai Cara Menambah Nafsu Makan

Sebelum menjelaskan mengenai cara meningkatkan nafsu makan, perlu Anda ketahui bahwa hilangnya nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti stres, kecemasan, atau efek samping penggunaan obat tertentu. Apabila menurunnya nafsu makan berlangsung secara terus-menerus, maka risiko gangguan kesehatan dan tubuh kekurangan gizi bisa terjadi.

Berikut adalah beberapa cara menambah nafsu makan yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Membagi porsi makan lebih kecil

Cara menambah nafsu makan yang pertama adalah dengan mengonsumsi porsi makanan yang lebih kecil namun sering. Langkah ini bisa dilakukan dengan membagi tiga makanan utama menjadi lima atau enam porsi kecil.

Saat nafsu makan Anda sudah meningkat, Anda dapat mulai meningkatkan porsi makanan atau menambahkan lebih banyak bahan untuk mengonsumsi lebih banyak kalori sepanjang hari.

2. Menjadikannya sebagai aktivitias menyenangkan

Cara menambah nafsu makan secara alami berikutnya adalah membuat aktivitas makan sebagai sesuatu yang menyenangkan. Memasak dan makan bersama orang lain dapat membantu merangsang nafsu makan dibanding makan sendirian.

Agar suasana makan lebih menyenangkan, Anda bisa mengundang teman atau keluarga yang jarang ditemui untuk makan bersama. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan bersama teman-teman dapat meningkatkan asupan makanan hingga 18% dan makan sambil menonton TV dapat meningkatkan asupan sebesar 14%.

3. Mengganti ukuran piring

Jika Anda melihat makanan dalam porsi besar adalah sesuatu yang membuat nafsu makan menurun, sebaiknya Anda harus menyiapkan piring yang lebih besar untuk meletakkan makanan tersebut. Anda bisa melakukannya dengan menyajikan makanan di atas piring besar dan bukannya piring kecil.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan ukuran piring dapat membuat Anda menyajikan porsi makanan yang lebih besar. Bahkan, ketika Anda tidak begitu menyukai makanan sebanyak itu. Dengan kata lain, cara menambah nafsu makan ini bisa efektif jika Anda menyajikannya dalam piring yang lebih besar.

4. Tidak melewatkan sarapan

Mengonsumsi sarapan setiap hari adalah sesuatu yang penting ketika Anda ingin meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa melewatkan sarapan pagi bisa membuat Anda makan lebih sedikit sepanjang hari, yang merupakan kebalikan dari apa yang Anda inginkan yaitu meningkatnya nafsu makan.

Selain itu, sarapan juga membantu meningkatkan efek termogenesis tubuh, sehingga membuat Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Ini adalah kondisi yang dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

5. Konsumsi serat lebih sedikit

Cara menambah nafsu makan berikutnya adalah dengan menghindari diet tinggi serat. Diet tinggi serat telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Meskipun makanan tinggi serat direkomendasikan dalam diet seimbang, hal itu dapat memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda harus mengubah asupan jika ingin meningkatkan nafsu makan.

6. Konsumsi makanan yang mengandung rempah-rempah

Beberapa makanan dapat menunda pencernaan dan menghasilkan gas, sehingga bisa mengakibatkan rasa ‘perut berat’ dan mengurangi nafsu makan.

Sementara itu, jenis bumbu yang disebut ramuan dan rempah-rempah karminatif dapat membantu mengurangi perut kembung serta meningkatkan nafsu makan. Penambah nafsu makan alami ini juga dapat merangsang produksi empedu untuk memfasilitasi pencernaan lemak.

Beberapa contoh ramuan dan rempah-rempah karminatif adalah adas, pepermin, lada hitam, ketumbar, jahe dan kayu manis. Ketika makanan Anda memiliki aroma dan rasa yang menyenangkan, hal itu bisa memicu nafsu makan.

7. Berolahraga lebih sering

Selama berolahraga, tubuh Anda membakar kalori untuk mempertahankan tingkat energi. Aktivitas fisik ini dapat meningkatkan nafsu makan untuk mengisi kembali kalori yang terbakar.

Selain itu, aktivitas fisik juga dapat memengaruhi beberapa proses dalam tubuh yang telah terbukti merangsang rasa lapar. Dampak lanjutannya, termasuk peningkatan laju metabolisme dan massa otot, serta perubahan dalam produksi hormon

Sebuah studi mengungkapkan, cara menambah nafsu makan ini terbukti efektif meningkatkan asupan makanan. Namun, nafsu makan Anda cenderung meningkat setelah beberapa hari berolahraga–bukan hanya satu hari setelah berolahraga.

8. Menyiapkan makanan favorit

Cara menambah nafsu makan yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan yang paling Anda suka. Makanan yang paling Anda suka adalah makanan yang paling mudah memicu nafsu makan. Oleh karena itu, selalu siapkan makanan kesukaan agar Anda tidak menunda atau melewatkan waktu makan.

9. Tidak mengonsumsi banyak air sebelum atau saat makan

Jika Anda mengonsumsi banyak air sebelum atau di sela-sela makan, hal itu akan membuat perut Anda terasa penuh, sebuah kondisi yang bisa membuat nafsu makan berkurang. Cara menambah nafsu makan yang bisa dilakukan adalah membatasi konsumsi air setidaknya 30 menit sebelum Anda memulai makan.

10. Mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan

Kurangnya asupan beberapa jenis nutrisi dapat menurunkan nafsu makan seseorang. Oleh karena itu, cara menambah nafsu makan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis suplemen yang bisa menambah nafsu makan seperti zinc, tiamin, echinacea dan minyak ikan.

Nah, itulah beberapa cara menambah nafsu makan yang bisa Anda coba. Jika beberapa cara di atas tidak membuahkan hasil, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gizi untuk meningkatkan nafsu makan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar